Makalah Tentang Windows 7 (Seven)


Bab I
Pendahuluan

a.       Latar Belakang
Semakin pesatnya dunia teknologi dan berkembangnya perteknologian di Indonesia khususnya di bidang perkomputeran, dan banyaknya beredar jenis system operasi termasuk windows 7 merupakan salah satu alas an dari penulis menyusun makalah ini.
Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista


b.      Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah ini selain sebagai tugas, juga penulis ingin mengetahui tentang :
1.             Apa itu Windows 7 ?
2.            Bagaimana sejarah windows 7 ?
3.            Apa saja jenis-jenis windows 7 ?
4.            Berapa saja harga dari windows 7?



Bab II
Pembahasan

a.       Pengenalan Windows 7

Apa itu Windows 7???? Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista. Windows ini memiliki kernel NT 6.1. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.
Sistem operasi yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) telah menjadi titik awal munculnya teknologi touch screen yang dapat diaplikasikan di komputer. Windows 7, sistem operasi pengganti Vista sekaligus sistem operasi pertama yang teknologi multitouch screen dari Microsoft's Surface tabletop computer. Windows memperkenalkan 7 ini sekaligus akan membuat user lebih mudah menjelajah tanpa perlu menggunakan mouse. Sebuah video yang mendemonstrasikan penggunaan kemampuan multitouch Windows 7 dapat dilihat pada blog Microsoft.
          Kemampuan software multitouch Windows 7 ditunjukkan dengan sebuah aplikasi baru, Touchable Paint, yang hanya dengan menggunakan 10 jari, user dapat bebas melukis gambar pada layar. Untuk manipulasi foto, hanya dengan dua jari user dapat memperbesar dan memperkecil foto, bahkan membuatnya seperti slideshow. Untuk pencarian peta user dapat menggunakan Windows Live Local dan Microsoft Virtual Earth yang mampu menampilkan arah dan jalan dimanapun berada.

b.      Spesifikasi Hardware

          Microsoft telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan minimum perangkat keras untuk Windows 7.
Spesifikasi minimal Windows 7 (yang disarankan)
Arsitektur
1 GHz 32-bit CPU
1 GHz 64-bit CPU
1 GB RAM
2 GB RAM
Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0 (Untuk Windows Aero)
Kapasitas Minimum 16 GB
Kapasitas Minimum 20 GB
DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)

Karena Microsoft telah memberitahukan spesifikasi hardware minimum untuk Windows 7 ini. Para pembaca bisa menentukan sendiri Sistem Operasi yang cocok untuk PC di rumah.


c.       Kelebihan Dan Kekurangan Windows 7

Sebenarnya, Windows 7 merupakan anak turunannya dari Windows Vista. Dimana tidak terlalu mencolok perubahannya. Sedangkan kalo perubahan dari Windows 2000 ke XP, maupun XP ke Windows Vista, terjadi perubahan total.
          Dan yang menjadi pertanyaan disini, apa sih keunggulan dan kelemahan windows 7 yang merupakan produk sistem operasi dari microsoft itu dari versi-versi windows sebelumnya??

Kelebihan :
1. proses boot/shut down lebih cepat
2. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system      service lebih sedikit
3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
Kelemahan / Kekurangan :
1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2. Bug pada Windows Player 12
3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7

Kekurangan ini terjadi karena Windows 7 termasuk Sistem Operasi yang temasuk baru. Jadi, beberapa aplikasi dan driver tidak bisa berjalan baik di Windows 7. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, dan peminat Windows 7 semakin banyak. Maka para pembuat aplikasi akan mengeluarkan aplikasinya yang cocok dengan Sistem Operasi Windows 7 ini.

d.      Fitur Windows 7

       Windows 7 telah memasuki babak RTM (Release To Manufacturing), dan rencananya pada 22 Oktober 2009 nanti versi Final dari Windows 7 bakal keluar. Bagaimana kinerja Windows 7 dan apa saja fitur-fitur yang dibawa oleh Windows? Apakah sama dengan Windows Vista atau mungkin justru lebih baik? Dan apakah bagi anda pengguna Windows XP harus menggantinya dengan Windows 7. Biar tidak penasaran berikut ini adalah rangkuman secara sekilas tentang fitur baru yang ada Windows 7.

Action Center, memungkinkan kita mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen

Aero Shake, Klik dan goyangkan satu jendela atau Windows yang sedang terbuka, maka program ataupun windows lainya yang berada di belakang akan secara otomatis ter-Minimize

Aero Snap, drag salah windows ke salah satu ujung desktop (atas, kiri atau kanan) maka secara otomatis Windows tersebut akan me-resize.

Aero Peek, Arahkan mouse anda ke ujung bawah sebelah kanan maka secara otomatis windows atau program yang sedang aktif akan menjadi transfaran sehingga anda bisa melihat gadget atau icon yang ada di desktop atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+Space

Aero Templates dan Theme, kumpulan theme yang unik untuk Windows 7. Untuk mengakses dan menginstal Theme tersembunyi di Windows 7, silahkan ketikan pada kolom Search Program and Files di Star Menu "C:\Windows\Globalization\MCT" tanpa tanda kutip, dan sesuaikan drive C dengan lokasi instalasi Windows 7 anda. Disini kita bisa mendapatkan theme unik sesuai dengan lokasi wilayah yakni Australia, Kanada, Inggris,  sampai Afrika.

Device Stage, fungsinya untuk mempermudah kita melihat device apa saja yang tersambung ke laptop atau komputer kita, seperti bluetooth, kamera, printer, sampai kepada flashdisk ataupun kartu memori.

Gadgets, telah ada di Windows Vista namun di Windows 7 kali ini tidak ada lagi yang namanya Sidebar, itu artinya kita bisa meletakkan Gadgets dimana saja di desktop kita.

Libraries, sesuai namanya disini kita bisa dengan mudah mencari mengorganisir file music, dokumen lainnya, foto sampai kepada video.

Location Aware Printing, sangat berguna terutama bila anda sering menggunakan laptop anda berpindah-pindah  tempat, misal di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, Windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan, sehingga ketika anda berada di rumah secara otomatis Windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila anda beralih ke kantor, Windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.

Windows Media Player 12, kalau anda sering memainkan file berformat 3GP, jangan khawatir di Windows 7 anda tidak perlu menginstal program khusus untuk memutar file 3GP, sebab WMP 12 telah mendukung file tersebut.

Windows Touch, kalau anda punya laptop yang touchscreen maka Windows 7 telah mendukung fitur touchscreen tersebut.

Windows XP Mode, memungkinkan kita untuk menjalankan Sesi XP untuk program-program yang memang tidak kompetible dengan Windows 7.

Masih ada banyak fitur menarik lainya yang tidak di sebutkan disini yang merupakan versi upgrade atau peningkatan dari fitur fitur yang telah ada, Jadi jika anda ingin mencoba fitur-fitur ini, tidak ada salahnya mencoba Sistem Operasi Windows 7.


“5 Edisi Dari Windows 7”

Orang yang berbeda mengharapkan hal yang berbeda dari PC mereka, oleh karena itu Windows 7 terbit dengan berbagai edisi. Berikut penjelasan singkat tentang beberapa edisi dari Windows 7 tersebut.



1.Windows 7 Starter
Windows 7 Starter ditujukan untuk notebook dan PC dengan perangkat keras terbatas sehingga lebih mudah digunakan karena adanya pembatasan antara anda dan apa yang inginkan.  Windows 7 Starter dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mengkombinasikan sistem terbaru dalam kehandalan dan sangat responsif. Kunci fitur yang akan Anda temukan di edisi ini adalah sebagai berikut::
Aplikasi yang lebih luas dan kompatibilitas perangkat.
Keamanan, kehandalan, dan responsif
Kemampuan untuk bergabung dengan homegroup

  • Target: Seluruh dunia, biasanya hadir dengan paket komputer baru  (laptop/netbook)
  • Fitur Utama: Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup dan restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana
  • Keterbatasan: tak ada aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada multi bahasa, maksimal RAM 2 GB, tidak terseda versi 64bit
  • Harga: Kisaran $50 (Indonesia)
Dengan windows 7 starter, pengguna tak dapat mengubah wallpaper atau theme windows. Pada awal dulu dirilis, Windows 7 Starter dibatasi hanya bisa menjalankan 3 program satu waktu, tetapi akhirnya keterbatasan ini dihilangkan, sehingga pengguna tetap dapat menjalankan banyak program dalam satu waktu, dibatasi jumlah memory saja. Untuk edisi 32 bit, semua windows selain windows starter mempunyai batas maksimal RAM 4 GB. Untuk edisi 64 bit, lebih tinggi dan berbeda-beda.

2.Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Basic adalah sebuah edisi entry-level yang ditawarkan di sejumlah pelanggan baru dengan harga yang sangat kompetitif. Windows 7 Home Basic membuat lebih cepat dan lebih mudah untuk sampai ke program dan dokumen yang paling sering digunakan, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu melihat dan lebih banyak waktu melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Selain manfaat yang ditemukan di Windows 7 Starter, Home Basic meliputi:
Live thumbnail previews
dukungan jaringan yang lebih lengkap (jaringan nirkabel dan sharing koneksi   internet)
Kemampuan untuk memperluas layar Anda di beberapa monitorEdisi terbaik bagi konsumen.

  • Target: Untuk wilayah tertentu saja, Indonesia diantaranya
  • Fitur Utama: Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero
  • Keterbatasan: Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder (MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidah penuh
  • Harga: Kisaran $80 (Indonesia)

3.Windows 7 Home Premium
Windows 7 Home Premium memberikan pengalaman hiburan terbaik pada PC Anda. Anda akan menemukan cara mudah untuk menghubungkan ke PC dan perangkat lain, semua dalam lingkungan yang kaya visual yang dalam penggunaan sehari-hari membuatnya menjadi lebih sederhana dan lebih menarik. Dengan Home Premium Anda dapat membuat semua homegroup untuk berbagi foto favorit Anda, video, dan musik dengan jaringan lain PC yang menjalankan Windows 7. Dan Anda akan dapat menonton acara secara gratis kapan dan di mana Anda inginkan dengan Internet TV di Windows Media Center.* Selain fitur di Windows 7 Starter dan Home Basic, Anda juga akan mendapatkan fasilitas berikut ini:
  Jendela navigasi yang lebih lengkap dan personalisasi desktop dengan Microsoft Aero yang lebih baik dari versi sebelumnya (pada versi windows vista)
  Kemampuan untuk menciptakan homegroup, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi file antara PC dan perangkat jaringan
  Kemampuan untuk menonton dan merekam TV Internet TV pada PC dengan Windows Media Center
  Remote Media Streaming dan peningkatan dukungan untuk format media yang berbeda * Catatan: Untuk beberapa aspek fungsionalitas Windows Media Center, sebuah TV tuner dan perangkat tambahan mungkin diperlukan. Akses internet diperlukan. TV Internet gratis konten bervariasi oleh geografi. Beberapa isi mungkin memerlukan biaya tambahan.
  • Target: Global
  • Fitur Utama: Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center
  • Keterbatasan: Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder
  • Harga: Kisaran $110 (Indonesia)

4.Windows 7 Proffesional
       Windows 7 Professional memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk bisnis, bersamaan dengan fitur media dan hiburan yang hebat di Windows 7 Home Premium. Anda akan dapat menjalankan banyak program produktivitas Windows XP di Windows 7 atau dengan menggunakan Windows XP Mode, dan recover data Anda dengan mudah menggunakan backup otomatis. Andapun dapat terhubung ke jaringan perusahaan dengan mudah dan lebih aman. Sebagai fitur tambahannya :
      - Domain join, yang memberikan kemampuan untuk bergaung ke managed Windows Server network
      - Advanced Backup dan Restore untuk menolong Anda melakukan back up keseluruhan sistem ke jaringan rumah atau bisnis, dan Encrypted File System untuk membantu melindungi data Anda.
      - Windows XP Mode, untuk menjalankan aplikasi produktivitas yang terdahulu yang membutuhkan Windows XP
      - Location Aware Printing, yang membantu Anda menentukan default printer yang berlainan untuk jaringan rumah dan kantor.

  • Target: Pengguna IT menengah keatas
  • Fitur Utama: Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder
  • Keterbatasan: BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD
  • Harga: Kisaran $150 (Indonesia)

5.Windows 7 Enterprise dan Ultimate
       Windows 7 Enterprise dan Windows 7 Ultimate adalah edisi yang paling powerful dan di desain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan enterprise dan pelanggan yang menginginkan setiap fitur dari Windows 7. Dengan fitur yang sama, Windows 7 Enterprise menyertakan kemampuan untuk melakukan volume activation dan hanya tersedia untuk pelanggan dengan MIcrosoft Software Assurance Agreement.
Windows 7 Enterprise dan Windows 7 Ultimate membantu Anda menjadi produktif dimana saja, peningkatan keamanan dan pengaturan dan streamline PC management. Keduanya juga menawarkan kemudahan penggunaan fitur hiburan dari Home Premium dan fitur bisnis untuk Profesional, plus fleksibilitas untuk bekerja dalam banyak bahasa asing. Singkatnya, Windows 7 Enterprise dan Windows 7 Ultimate menyertakan segala sesuatu yang ditawarkan Windows 7.
Edisi ini juga menyertakan fitur berikut :
          - Microsoft BitLocker dan BitLocker To Go, enkripsi drive dan perlindungan data pada drive internal atau eksternal dan juga media penyimpanan.
          - DirectAccess, membantu Anda memberikan koneksi yang lebih aman ke jaringan korporat melalui internet.
          - Microsoft BranchCache, membantu Anda menyediakan akses lebih cepat ke konten dari remote file dan Web server pada branch location
          - Microsoft AppLocker, membantu Anda mencegah software yang tidak diizinkan untuk berjalan pada PC pekerja
          - Enterprise Search Scopes, menjadikannya mudah untuk ditelusuri dan dicari pada portal intranet
          - Multilingual user interface packs, mengizinkan Anda untuk bekerja dengan 35 bahasa.

Windows 7 Enterprise
  • Target: Pelanggan Bisnis (volume licenses)
  • Fitur Utama: BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD
  • Keterbatasan: Lisensi Retail
  • Harga: -
Selain perbedaan mengenai lisensi, Windows 7 Enterprise mempunyai fitur yang sama dengan Windows 7 Ultimate.
Windows 7 Ultimate
  • Target: Retail market, ketersediaan terbatas
  • Fitur Utama: semua fitur windows 7 edisi sebelumnya ditambah dengan BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD
  • Keterbatasan: Volume Licensing
  • Harga:
e.       Proses Instalasi Windows 7

·                     Sediakan komputer yang memenuhi syarat untuk bisa di install windows seven (7) kalo mau nyaman minimal dual core dengan memory 1GB
·                     DVD instalasi Windows Seven (7)
·                     Atur agar komputer booting dari dvd, pengaturan dilakukan lewat bios, bisanya tekan delete atau f2 ketika komputer baru dinyalakan pilih setingan booting kemudian pilih dvd rom menjadi urutan pertama. simpan konfigurasi bios dengan cara menekan f10.
·                     Masukkan DVD Instalasi
·                     Pencet sembarang tombol jika sudah ada pertanyaan apakan ingin boot dari cd or dvd
·                     Muncul tampilan seperti dibawah


  • Selanjutnya muncul tampilan seperti di bawah, langsung saja klik Next

  • Klik Install Now


  • Pada User Lecense Agreement beri centang “I Agree” pilih Next


  • Selanjutnya akan muncul 2 Opsi, yaitu Upgrade dan Custom. Karena kita baru menginstall Windows 7 Jadi kita pilih Custom.



  • Pilih partisi yang akan dipakai untuk menginstal windows seven (7), contoh di bawah hardisk belum di bagi2 kedalam beberapa partisi, jika ingin membagi kedalam beberapa partisi sebelum proses instalasi pilih Drive options (advanced).



  • Kita buat partisi dengan memilih New Partition


  • Pilih size yang akan di buat partisi, Pilih Apply untuk memulai instalasi
 

  • Tunggu sampai proses instalasi selesai. Lama waktu instalasi tergantung spek computer yang ada.


f.         Daftar Harga WINDOWS 7

Jenis
Harga

MICROSOFT Windows 7 Ultimate, 32bit [OEM]
Rp 2,049,000

MICROSOFT Windows 7 Professional SP1, 32bit [OEM]
Rp 1,524,600



MICROSOFT Windows 7 Starter SP1 [OEM]
Rp 509,000

MICROSOFT Windows 7 Home Basic SP1, 32bit [OEM]

Rp 892,100

MICROSOFT Windows 7 Home Premium SP1 [OEM]


Rp 1,133,000


Makalah Windows 7


Di Susun Oleh :
................................


Sekolah Menengah ......
Negeri 1 Talaga
Tahun 2012/2013


Kata Pengantar

        Puji syukur kehadirat Allah SWT karena penyusunan makalah Windows 7 ini telah selesai. Makalah ini disusun untuk memenuhi kebutuhan siswa tentang ilmu komputer, yakni ilmu tentang Sistem Operasi Windows 7. Makalah ini disajikan dengan materi-materi yang dapat meningkatkan keteram pilan dan ilmu pengetahuan tentang Sistem Operasi Windows 7.
          Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada Bapak Guru pembimbing yang telah bersedia memberikan penulis waktu untuk menyelesaikan makalah ini. Akhirnya penulis berharap dengan selesainya makalah ini, dapat menjadi sumber bahan materi Produktif tentang Sistem Operasi Windows 7 demi mengembangkan mengembangkan pengetahuan tentang Sistem Operasi Windows 7.


Majalengka, 1 November 2012


Penyusun

Daftar isi
Kata Pengantar ...............................................................................................         i
Daftar isi ........................................................................................................        ii
BAB I Pendahuluan
a.    Latar Belakang .........................................................................................         1
b.    Tujuan .........................................................................................................         1
BAB II Pembahasan
a.    Pengenalan Windows 7.............................................................................        2
b.    Spesifikasi Hardware.............................................................................        2
c.    Kelebihan dan Kekurangan Windows 7.................................................        4
d.    Fitur Windows 7.......................................................................................        5
e.    Proses Instalasi Windows 7...................................................................       14
f.    Daftar Harga Windows 7.......................................................................       21

3 comments:

  1. susah di copast ini. tak ada unduhan.

    ReplyDelete
  2. wahh sangat bermanfaat sekali..
    kunjungi blogspot kami yang semoga bermanfaat juga untuk anda sperti blog ini bermanfaat untuk saya.
    Terima Kasih..
    Proses pembuatan
    seragam batik solo printing

    Proses pembuatan seragam batik tulis solo

    ReplyDelete